BILA ‘IDUL ADHA BERTEPATAN DENGAN HARI JUM’AT !!


❓Pertanyaan:
Apabila hari raya (Idul Fitri atau Idul Adha) bertepatan dengan hari jum’at, apakah sholat jum’at tetap diwajibkan atau gugur kewajiban menghadirinya?

✅Jawaban:
Apabila bertepatan hari raya dengan hari jum’at maka diperbolehkan bagi yang telah sholat hari raya untuk tidak menghadiri sholat jum’at, dan wajib atasnya untuk sholat dzuhur dirumah. Sebagaiamana yang diriwayatkan dari Nabi shalallahu’alaihi wasallam dan para khulafa rasyidin serta para shahabat radhiyallah ‘anhum.

📚Imam Abu Daud dalam Sunan beliau menulis sebuah bab yang berjudul:
باب: إذا وافق يومُ الجمعة يومَ عيد

Bab: Apabila hari juma’at bertepatan dengan hari raya.
Kemudian beliau menyebutkan empat riwayat dengan sanadnya, yang menjelaskan gugurnya kewajiban sholat jum’at bila bertepatan dengan hari raya dan adanya dispensasi untuk tidak menghadirinya.

1- عن إياس بن أبي رَملة الشَّامي، قال: شَهِدْتُ معاوية بن أبي سفيانَ وهو يسأل زيدَ بن أرقم قال: أشَهِدتَ مع رسولِ الله - صلَّى الله عليه وسلم - عيدين اجتمَعا في يومٍ؟ قال: نعم، قال: فكيف صَنَع؟ قال: صلَّى العيدَ، ثم رخَّصَ في الجمعةِ، فقال: "مَن شاء أن يُصلِّيَ فليُصَلِّ" (رقم: 1070).

Dari Iyas Bin Abi Ramlah Asy-Syaami, beliau berkata: Aku menyaksikan Mu’awiyah Bin Abi Sufyan bertanya kepada Zaid Bin Arqam: apakah kamu perna hadir menyaksikan bersama Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam dua hari raya bertepatan pada hari yang sama? Beliau menjawab: Ya. Dia bertanya: Bagaimana beliau shalallahu’alaihi wasallam melakukannya? Beliau menjawab: Beliau shalallahu’alaihi wasallam sholat hari raya, kemudian memberikan dispensasi tentang sholat jum’at, seraya berkata: barangsiapa yang ingin sholat jum’at silahkan”. (no. 1070).

2- عن عطاء بن أبي رباح، قال: صلَّى بنا ابن الزبير في يومِ عيدٍ في يَوْمِ جُمعةٍ أوَّل النهار، ثم رُحنْا إلى الجمعة، فلم يخرج إلينا، فصلينا وُحدَاناً وكان ابن عباس بالطَّائِفِ، فلما قَدِمَ ذكرنا ذلك له، فقال: أصابَ السُّنةَ" (رقم: 1071).

Dari Atha’ Bin Abi Rabah, beliau berkata: Ibnu Zubair sholat hari raya bersama kami pada hari jum’at dipagi hari, kemudian kami pergi melaksanakan sholat jum’at, sedang beliau tidak keluar bersama kami (untuk sholat jum’at), maka kami sholat masing masing, Ibnu Abbas (tatkala) itu berada di Thaif, tatkala beliau telah datang, kami sampaikan hal itu kepadanya, beliau berkata: “ia (Ibnu Zubair) telah sesuai dengan sunnah”. (no. 1071).

3- قال عطاء: اجتَمَعَ يَومُ جُمُعة وَيومُ فِطْرِ على عَهْدِ ابن الزبير فقال: عِيَدان اجتَمَعا في يومِ واحدِ، فجمعهما جميعاً، فصلاهما رَكعَتَينِ بكرةَ، لم يَزِد عليهما حتى صلَّى العصر". (رقم: 1072).

Atha’ berkata: Bertepatan hari jum’at dengan hari raya di zaman Ibnu Zubair, lalu beliau berkata: Dua hari raya berkumpul pada satu hari, maka beliau menjama’ keduanya dan sholat dua raka’at di pagi hari, beliau tidak menambah dari keduanya sampai sholat ashar”. (no. 1072).

4- عن أبي هريرة، عن رسول الله صلَّى الله عليه وسلم أنه قال: "قد اجْتَمَعَ في يومِكم هذا عيدان: فمن شاء أجزأه مِنَ الجُمعَةِ، وإنا مُجمِّعون" (رقم: 1073).

Dari Abu Hurairah radhiyallah ‘anhu, dari Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam, beliau bersabda: Berkumpul pada hari kalian ini dua hari raya, maka barangsiapa yang ingin, maka cukup baginya dari melakukan sholat jum’at, dan kami akan melakukan sholat jum’at”. (no. 1073).

روى عبد الرزَاق في "المصنف" (3/305) وابن أبي شيبة في "المصنف" (2/187) بسند صحيحٍ عن علي رضي الله عنه، أنَه اجتمع عيدان في يوم، فقال: "مَن أراد أن يُجَمِّعَ فَلْيُجَمِّع، ومَن أراد أن يجلسَ فليجلسْ ".

📚Imam Abdurrazzaq meriwayatkan dalam “Mushannaf” (3/305) dan Ibnu Abi Syaibah dalam “Mushannaf “(2/187) dengan sanad yang shohih dari Ali radhiyallahu ‘anhu, sesungguhnya bertepatan dua hari raya pada satu hari, maka beliau berkata: Barangsiapa yang ingin melakukan sholat jum’at silahkan dan barangsiapa yang ingin tetap duduk (tidak menghadiri) silahkan”.

 Lihat : Ahkamul idain, Syaikh Ali Hasan Al-Halaby, hal: 58-59.
📝Syaikhul islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata: “Apa yang dinukilkan ini adalah yang telah tetap dari Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam, para khulafa (rasyidin) dan para shahabat beliau, dan ia adalah pendapat para iman yang sampai kepada mereka, seperti imam Ahmad dan yang lain, mereka yang menyelisihinya kerena belum sampai kepada mereka sunnah-sunnah dan riwayat-riwayat tentang hal itu”. Majmu’ Fatawa (24/213).

Lihat juga: Qurratul ‘ainain fii ahkamil ‘idain, karya: Aqil Bin Muhammad Al-Miqthary, hal: 58-60. Dan Ahkamul ‘idain, Syaikh Ali Hasan Al Halaby, hal: 57-60.

📖Kesimpulannya:
Bila bertepatan hari raya dengan hari jum’at maka diperbolehkan untuk tidak menghadiri sholat jum’at kecuali bagi yang menjadi khatib dan imam, maka ia harus mendirikan sholat jum’at, agar kaum muslimin yang ingin tetap menghadiri sholat jum’at bisa melakukan hal itu. Wallahu a’lam.
-------------------------------------------------

Comments